Senin, 18 Februari 2013

Peluang Bisnis Modal Kecil dan Ringan

Mereka yang melek finansial, biasanya tidak nyaman ketika dalam tabungannya memiliki tabungan "lebih". Ketimbang hanya ditabung begitu saja, mending diputar dalam bentuk usaha peluang bisnis. Umumnya orang belajar dari peluang bisnis modal kecil dan ringan terlebih dahulu. Karena pasti mereka sudah menyadari bahwa berbisnis tetap memiliki resiko rugi.

Sebenarnya seluruh peluang bisnis di internet tergolong modal kecil, terlebih jika dibandingkan dengan biaya yang harus dikeluarkan jika dikembangkan secara offline. Misalnya saja jualan tas. Secara offline, - diluar stock produk - anda harus menyediakan toko/gerai, membuat etalase buat pajangan produk, mungkin juga harus bayar karyawan, bayar iuran listrik dsb. Bila dibandingkan dengan sistem online, semua biaya diatas cukup dirampingkan menjadi sebuah toko online, yang harga buatnya ada yang cuma ratusan ribu rupiah.

Lebih jauh lagi, bisnis lewat online bisa dilakukan tanpa harus menyetok produk! Modal makin kecil dan ringan, sekaligus makin kecil juga resiko rugi karena barang nggak laku. Umumnya peluang bisnis online yang mudah dan tidak harus menyetok produk ada dua jenis :

Dropshipping
Yaitu anda nge-sub / atau menjadi agen penjual dari sebuah toko online lain. Biasanya kita nge-sub ke sebuah toko online yang harganya paling murah, atau sekelas grosir. Biar kita bisa mengambil keuntungan yang lumayan. Cara yang sederhana misalnya : anda comot gambar foto tas dari sebuah web yang melayani dropshipping, lalu upload di facebook anda. Kasih harga berbeda, jadi anda dapat keuntungan selisih harga. Kalau ada teman facebook anda yang pesan, maka teman itu harus membayar kepada Anda, dan anda membayar kepada si toko online/web yang gambarnya anda comot di awal. Dan barang akan dikirim langsung oleh si pemilik web ke teman anda, atas NAMA ANDA.

Program Afiliasi
Program afiliasi itu adalah anda membantu menjualkan/memperkenalkan produk/bisnis/jasa dll dari sebuah produsen ke orang-orang. Setiap terjadi transaksi atas referensi dari Anda, anda akan dapat komisi/bonus. Jadi anda tidak perlu juga menyetok barang. Anda akan diberi web afiliasi/web replicating/url afiliate yang bisa anda promosikan kemana saja di internet. Misalnya anda sebar via facebook. Jika terjadi transaksi lewat web afiliasi anda, maka anda akan diberi bonus! Contoh afiliasi bisa dilihat di link ini. 

Beda antara afiliasi dan dropshipping adalah pada after sales service. Kalau di dropshipping, jika ada complain tentang barang yang anda jual, maka anda sendiri yang harus bertanggung jawab, karena pembeli tidak tahu menahu tentang produsen awal. Pada afiliasi, seluruh tanggung jawab produk ada pada Pemilik Produk. Jadi kalau konsumen anda mau komplain, yang harus bertanggung jawab adalah pemilik program afiliasi tersebut.

Ditulis Oleh : Belajar Bisnis // 22.37
Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.

Google+ Badge

Farit - Find me on Bloggers.com Business Blogs Business blog W3 Directory - the World Wide Web Directory