Jumat, 01 Februari 2013

Beda Peluang Bisnis Dropship dan Pemasaran Afiliasi

Ketika anda tidak memiliki modal yang cukup, tapi anda ingin sekali menjalankan peluang bisnis online, maka pilihannya memang bisa dua hal : menjadi pebisnis dropshipping atau sebagai seorang pelaku afiliasi marketing. Ciri khas dari keduanya adalah : bahwa mereka tidak perlu menyetok produk untuk menekuni bisnis. Dengan tidak perlunya menyetok produk, maka modal yang dibutuhkan tidaklah besar, atau kadang tidak ada sama sekali. Tapi mana yang lebih baik untuk ditekuni?

Apa itu Dropshipping?
Dropshipping adalah cara untuk menjalankan sebuah toko online di mana Anda tidak perlu nyetok barang dan Anda tidak perlu mengirimkan produk. Keuntungan utama dari dropshipping tentu saja adalah bahwa Anda tidak perlu mengelola persediaan atau pemenuhan produk. Namun, karena Anda menjual produk di bawah nama toko Anda sendiri, Anda masih bertanggung jawab untuk aftes sales services. Ingat, dalam dropship si penerima produk yang anda comot dari orang lain, tetap tahunya beli dari anda

Apa itu Pemasaran Afiliasi?
Pemasaran afiliasi itu singkatnya adalah bantuin jual. Akibatnya, website Anda bertindak seperti mesin pemasaran produk dari orang lain, tapi jika terjadi pembelian, urusannya adalah bukan antara anda dengan pembeli, tapi antara pemilik produk dengan si pembeli. Beda dengan dropship

Keuntungan Dari Pemasaran Afiliasi
Keuntungan utama dari pemasaran afiliasi adalah bahwa seluruh proses penjualan benar-benar lepas tangan. Setelah Anda merujuk pelanggan ke bisnis dan pelanggan melakukan pembelian, pekerjaan Anda selesai. Anda tidak perlu khawatir tentang pemenuhan produk. Anda tidak perlu khawatir tentang dukungan pelanggan.

Pada bisnis dropship, Anda bertanggung jawab jika pelanggan tidak mendapatkan pengiriman tepat waktu. Anda bertanggung jawab jika produk yang rusak atau tiba rusak. Oleh karena itu, Anda harus mencurahkan waktu tertentu berurusan customer terutama jika produsen tempat anda nebeng tidak bisa diandalkan dan tidak profesional.

Kelebihan dropship? Yaitu masalah keuntungan. Kalau bisnis afiliasi komisi anda dipatok dan ditentukan oleh produsen pusat, pada bisnis dropship, semuanya terserah anda. Tidak ada yang melarang jika anda jual produk 3 kali lipat dari harga aslinya.

Sebenarnya selain dua jenis peluang bisnis di atas yang bisa anda coba adalah bisnis penggabungan antara network marketing dan pemasaran afiliasi. Dimana penggabungan ini akan menyempurnakan sistem penjualan "putus" dari bisnis afiliasi. Anda bisa saja terus menerima komisi walau tidak lagi "menjual produk" 

Ditulis Oleh : Belajar Bisnis // 20.16
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Diberdayakan oleh Blogger.

Google+ Badge

Farit - Find me on Bloggers.com Business Blogs Business blog W3 Directory - the World Wide Web Directory